WASPADA: IMM BSKM Difitnah!

Maaf jikalau judul note ini tendensius. Oleh karena itu, menjadi kewajiban bagi saya untuk menjelaskan apa yang dimaksud “fitnah” di atas, agar tidak terjadi tafsir yang sembarangan.

Ceritanya seperti ini:

Beberapa waktu belakangan, ada laporan yang menyatakan bahwa beberapa dosen di lingkungan UGM-UNY diminta memberi donatur kepada Pimpinan Cabang IMM yang mewakili UGM-UNY (tentu yang dimaksud di sini adalah IMM BSKM). Permohonan donatur tersebut disampaikan lewat proposal permohonan donatur. Usut diusut, ternyata proposal tersebut tidak dikeluarkan oleh PC BSKM. Entah siapa yang membuatnya. Padahal, beberapa dosen mengaku telah mendonasikan uang senilai ratusan ribu (bahkan ada yang menyatakan lebih dari sejuta).

Tentu berita ini mengagetkan segenap pimpinan cabang, mengingat kami tidak merasa sedang membagikan proposal ke dosen-dosen. Ini jelas-jelas menyangkut nama baik institusi. Nama baik sebuah institusi tentu lebih mahal dari sekedar donasi bernilai ratusan ribu. Bagi kami ini adalah fitnah yang keji (bila memang benar yang terjadi adalah penipuan).

Dari kasus ini, secara pribadi saya mencatat beberapa hal:

Pertama, Logo IMM bisa dicari lewat google, stempel pun bisa dibuat cuma sejam, struktur PC BSKM ada di internet, kurang apa lagi? Artinya, layaknya kebaikan, kejahatan pun semakin mudah dengan adanya teknologi. Tidak harus jenius untuk sekedar membuat proposal tipuan. Dan, naudzubillah min dzalik kalau itu yang benar terjadi.

Kedua, kritik internal buat IMM adalah intensitas silaturahmi dengan pihak dosen/donatur yang harus selalu ditingkatkan. Tidak mungkin kita bisa bertahan terus menerus dengan budaya “silaturahmi karena ada maunya”. Silaturahmi yang intensif tentu akan menekan adanya kemungkinan “fake proposal”.

Ketiga, ini yang juga penting. Pihak Pimpinan Cabang harus menelusuri kasus ini semaksimal mungkin. Jangan sampai karena merasa pasif dan tidak bersalah, lalu dibiarkan. Klarifikasi dan silaturahmi ke dosen yang terkait harus dilakukan. Selain itu, perlu dicari juga sistem terbaik untuk mengantisipasi pengulangan kasus ini di masa depan.

Kira-kira baru itu yang bisa saya informasikan kepada kawan-kawan. Maksud saya menulis note ini sebenarnya hanya agar banyak kawan-kawan yang tahu kasus ini, agar bisa mengantisipasi di masa mendatang. Selain itu, bagi kawan-kawan yang punya informasi lebih mendalam, tentu bisa share di sini, agar semakin jernih masalahnya.

Sekian. Billahi fi sabilil haq, fastabiqul khairat!

Bagi yang punya Facebook, ini ada pendapat dari kawan2 saya tentang masalah ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s