AT Mahmud dan Lagu-Lagunya

Malam senin lalu di akhir acara Indonesia Mencari Bakat (Trans TV), semua kontestannya berkolaborasi menyanyikan lagu-lagu milik AT Mahmud. Seorang kawan tiba-tiba berceletuk, “Dengar lagu-lagu ini, teringat masa-masa SD dahulu”. Tidak hanya kawan saya saja yang merasakan hal tersebut, saya pun juga merasakan kenangan yang sama. Dan kini, pencipta lagu tersebut baru saja meninggal dunia.

Abdullah Totong Mahmud atau yang akrab disebut dengan AT Mahmud tutup usia pada Selasa ( 6/7/2010 ), di usia 80 tahun. Stroke dan infeksi paru-paru lah yang mengakhiri hidup beliau. Nama AT Mahmud mungkin tak gemerlap lagi pasca tahun 2000-an. Namun, bagi mereka yang tumbuh di masa-masa sebelum itu (tahun 90-an dan sebelumnya), nama beliau amat populer bersama Pak Kasur dan Ibu Sud sebagai pencipta lagu anak-anak. Tercatat ada ratusan lagu yang telah beliau ciptakan, yang sebagian besarnya sudah dihapal di luar kepala oleh anak-anak pada zaman itu (termasuk pula saya).

Nah, beberapa lagu ciptaan Pak AT Mahmud adalah sebagai berikut (diurutkan berdasar abjad):

* Ade Irma Suryani
* Aku Anak Indonesia
* Ambilkan Bulan Bu
* Amelia
* Angin Bertiup
* Aku Anak Gembala
* Awan Putih
* Barisan Musik
* Bintang Kejora
* Bulan Sabit
* Burung Nuri
* Burung Bernyanyi
* Cemara
* Citaria
* Cicak di Dinding
* Di Pantai
* Di Stasiun
* Dua Ekor Anak Kucing
* Hujan-hujan
* Hujan Rintik-rintik
* Jangkrik
* Jakarta Berulang Tahun
* Kincir Air
* Kereta Apiku
* Kunang-Kunang
* Lagu Tor*Tor
* Layang-layangku
* Libur Tlah Tiba
* Mendaki Gunung
* Musim Panen
* Naik Kelas
* Nasehat Ibu
* Pelangi
* Paman Datang
* Pemandangan
* Pulang Memancing
* Ruri Abangku
* Sekuntum Mawar
* Senam
* Sukacita
* Tepuk Tangan
* Tidurlah Adik
* Timang Adik Timang
* Tupai

Untuk mencari lagunya rekan-rekan bisa membuka 4shared atau indowebster.com (maaf, saya belum sempat untuk mencarikan link downloadnya).

5 thoughts on “AT Mahmud dan Lagu-Lagunya

  1. satu lagi sang maestro kita mangkat ya?

  2. Sedih dengan wafatnya Pak At Mahmud. Saya harap TV swasta yang menyelnggarakan kontes penyanyi cilik SADAR untuk mendorong para pesertanya agar menyanyikan lagu YANG SESUAI dengan jiwa anak-anak. Textbook psikologi telah menyatakan dengan jelas, “anak BUKAN orang dewasa yang bertubuh lebih kecil, mereka memiliki dunia mereka sendiri.”

  3. Hai…Nama saya Zepe
    Saya memiliki banyak koleksi lagu pendidikan anak .
    Beberapa menggunakan bahasa Inggris.
    Sudah ada 30 an lagu dan sudah dipakai di Paud dan TK seluruh Indonesia.
    Kalau anda butuh lagu anak-anak anda bisa
    Klik: http://www.lagu2anak.blogspot.com
    w

  4. Hai…Nama saya Zepe
    Saya memiliki banyak koleksi lagu pendidikan anak .
    Beberapa menggunakan bahasa Inggris.
    Sudah ada 30 an lagu dan sudah dipakai di Paud dan TK seluruh Indonesia.
    Kalau anda butuh lagu anak-anak anda bisa
    Klik: http://www.lagu2anak.blogspot.com
    wb

  5. butuh lagu karya Pak AT Mahmud nih… tapi lum ketemu..
    Gemar Membaca dan Aku Anak Indonesia
    Ada yg punya MP3, Syair dan Not nya??

Leave a Reply

