Skripsiku

Akhirnya saya tiba di ujung perjuangan meraih gelar sarjana: mengerjakan skripsi. Kata orang, pengalaman memang guru terbaik. Di titik inilah saya merasakan sendiri betapa “tertekannya” seorang yang sedang mengerjakan sendiri. Ya, mengerjakan skripsi memang tidak semudah membuat makalah ujian akhir semester, apalagi hanya artikel untuk sebuah blog/buletin. Sangat jauh berbeda, kawan.

Hati dan pikiran saya sudah berhasil saya arahkan ke fokus yang sama: menyelesaikan skripsi secepat mungkin. Maka dari itu, tak jarang dalam beberapa pertemuan, saya selalu konsisten bercerita akan berjuang lulus pada bulan Agustus 2010 ini. Jawaban yang selalu berujung “Amien..” dari lawan bicara saya.

Tapi apa daya, hati dan pikiran yang senada itu belum mampu memaksa saya untuk bertindak. Kata seorang senior, “Skripsi itu intinya tulis, dan tulis… Jangan terlalu banyak mengeluh.” Walau sudah dinasehati sedemikian rupa, tetap sama saja: usaha saya masih nol.

Saya benar-benar tidak tahu, apalagi yang harus dilakukan untuk memulai perjuangan ini kembali. Karena praktis sejak awal Desember (saat proposal skripsi saya diterima), tidak ada satu pun progress yang terjadi. Saya seperti tidak memiliki alasan untuk segera merampungkannya.

Naudzubillah min dzalik.

Oleh karena itu, saya jadi berpikir, “Mungkin saja saya memiliki dosa atau pun salah kepada orang lain yang belum termaafkan.”Kalau memang itu yang menjadi penghalang saya untuk merampungkan skripsi, saya memohon maaf, memohon kerelaan bagi siapa pun yang pernah didzolimi oleh lisan atau pun tindakan saya. Maaf…

3 thoughts on “Skripsiku

  1. seling aja nagdep pembimbinge ommm, banyak diskusi dan nanya!

  2. there is no real act without will, gezzz

  3. baca bab 5 buku 5cm, hehehehe.

Leave a Reply

