Ayo Golput Saja!!

Pertanyaan yang sampai sekarang tidak bisa saya temukan jawaban rasionalnya: “Kenapa harus golput?”
Mungkin kalau golput secara administratif (emang tidak bisa nyoblos krn tidak terdata), it’s okay… Di sini boleh saja kita menuding KPU tidak becus.

Tapi untuk kasus golput rasional, yang konon didominasi mahasiswa (a.k.a. kaum intelektual negeri), apa ya alasannya?

Saya berkali-kali mengikuti seminar bersama Pak Eko Prasetyo, tokoh gerakan marginal, yang nyata-nyata memproklamirkan diri sebagai pendukung golput. Tapi, selama ini pula saya tidak mendapat jawaban rasional. Malah jawaban emosional yang sering muncul. Okelah, karena memang menurut beliau, “Hidup Itu Harus Memihak”. Memihak pada apa nih, pak?

Lalu, kenapa harus golput? Itulah yang sering saya pikirkan. Maka, tidak salah bila kemudian saya mengikuti HIMBAUAN dari MUI agar tidak golput. Saya mengikuti MUI karena memang tidak mampu mencari jawaban tersendiri. Sedang, saya memang tidak menginginkan asal memutuskan, apalagi tanpa panduan Islam. Dan, kali ini MUI lah yang membantu memberi jawaban.

Jadi, sekali lagi mengapa harus golput? Tidakkah kita lihat ada orang-orang baik yang kita ketahui dan maju sebagai caleg?

*andai masih bingung. Jangan keburu emosional, mari istikharah dahulu agar diberi pencerahan

2 thoughts on “Ayo Golput Saja!!

  1. pemilu legislatif kali ini saya dipaksa golput,,
    sy g terdaftar sebagai pemilih di manapun.. koq bisa ya? pdhl sy udh punya ktp, dan umur sudah mencukupi..

    padahal keinginan untuk berpartisipasi begitu besar,, apalagi ini taun pertama saya ikut pemilu…

    banyak yg harus dibenahi … sy fikir pemilu kali ini g berjalan dengan baik,,,
    harus banyak yang dirubah..

    1 suara sy saja sangat berarti kan? hiks,,😦

  2. jangan golput dah khan ******************

    halah, ini malah kampanye… maaf tak sensor… hehe

Leave a Reply

