Maret yang Berkesan…

Mungkin bulan Maret ini akan menjadi salah Maret paling berkesan di hidupku. Paling tidak ada dua hal yang akan memberikan kenangan tersendiri. Yah, mungkin cerita ini akan sedikit lebay (bahasa gaul: berlebihan).

Yang pertama, tentu bahwa bulan ini aku berkesempatan dilahirkan ke dunia. Namanya kelahiran, tentu anugerah buat orang tua dan juga buat lingkungan. Meski, kadangkala dalam perkembangan anak tersebut, justru musibah yang hadir karena kebengalan sang anak. Tapi, aku berharap kelahiranku akan tetap menjadi anugerah sampai maut memisahkan.

Bukannya narsis (atau memang narsis), kata seorang kawan yang juga lahir bulan Maret. Bulan Maret dalam mitologi Yunani terpengaruh oleh Dewa Mars, Dewa Perang. Sehingga, entah ada hubungannya atau tidak di bulan ini banyak terjadi perang yang bersejarah. Dalam Islam sendiri, dua perang paling masyhur: Uhud dan Badar terjadi di bulan Maret. Yah, bukan bermaksud begitu mempercayai mitologi Yunani, karena takut terjerumus pada syirik. Tapi, sedikit mempelajari tak apalah, itung-itung ilmu. Bagiku sendiri, Maret yang dapat diartikan sebagai Perang, bisa juga dimaknai sebagai PERLAWANAN dan PERJUANGAN. Artinya, ada inspirasi bagi diriku untuk terus MELAWAN dan BERJUANG menegakkan kebenaran, tentunya.

Yang kedua, aku merasa lahir kembali bulan ini. Jujur saja, beberapa tahun terakhir ini pasca SMA, praktis semangat berorganisasi nyaris hilang. Sepertinya aku merasa menjadi pribadi yang berbeda dengan begitu antipati terhadap berorganisasi. Sebenarnya beberapa organisasi sempat disambangi, akan tetapi begitu banyak ketidakcocokan terjadi di sana.

Di tengah kegundahan tersebut, aku menemukan diriku di Ikatan Mahasiwa Muhammadiyah UGM. Sebuah organisasi pergerakan, yang tidak bisa dikatakan besar untuk ukuran kampus Univ. Gadjah Mada. Namun, entah kenapa di sana ku menemukan kecocokan, istilahnya hatiku terpaut di sana. Semoga kecocokan ini memang didasarkan keridhoan Allah. Kesimpulanku juga, dalam berorganisasi bukan nama besar suatu organisasi yang dicari, melainkan kecocokan yang harus jadi acuan. Sehingga dengan acuan tersebut, perjalanan di organisasi tersebut dapat diarungi dengan semangat ’45.

Kembali pada bulan Maret. Di bulan ini pula, setelah hampir 2 tahun mengenal dan berkecimpung di IMM. Aku diberi amanah untuk menjadi Ketua Umum IMM UGM. Bagiku, IMM UGM bukanlah organisasi biasa. Melainkan sebuah pergerakan di bawah bendera besar Persyarikatan Muhammadiyah. Label pergerakan juga yang menjadikan IMM UGM harus bertarung tak hanya dalam ranah pragmatis berupa program kerja keorganisasian melainkan lebih dari itu! IMM juga harus memperkuat ranah-ranah kekeluargaan, intelektual maupun keIslaman itu sendiri. Sebuah amanah yang tentu tak akan mudah, akan tetapi selama ada ridho Allah, tentu tak ada hal yang mustahil.

Semua ini berat, tapi tentu tak akan dikerjakan sendiri. Aku percaya berada di tempat yang tepat, tempat berkumpulnya orang-orang yang akan merubah sejarah. Amien!!

4 thoughts on “Maret yang Berkesan…

  1. welha mat ulang tahun no!(meski telat)
    moga panjang umur, sehat wal afiat dan sukses donyak sak akherate……

    salam kenal

    Bloger Pendekar Tidar

    (kopdaran nggo mas!…11 April di Alun2 Mgl)

  2. Selamat, adinda immawan Zulfi. Smoga lancar amanah kdpan🙂

  3. benar2 narcisist (yang betul begini kan??)

    tapi masih terkendali, tidak seberapa parah..

    semoga Allloh meridhoi..

    Amien,, makasih, makasih…. hehe

  4. ….PLANET MARS / BULAN “APRIL”

    Zodiak Aries (22 March – 23 April).
    Mars is the planet of War, bravery, courage
    and will power. Mars is not so powerfull in
    the end month of March, until it reached
    01 April and so on. Mars is co-ruler planet
    in Aries (The Ram) and in Scorpio (The Sting).

    Mars the ruling planet in Aries is a Hot Temper
    planet too, like the ram a fiery sign.
    Tetapi kita jangan lupa, tanggal “01 HB APRIL”,
    para astrologers namakan “APRIL FOOL” –
    “A BLIND FOLDED MAN”….

    In Numerology Mars carries No.”9″………
    Other No.9 category are :
    No.18, 27, 36, 45, 54, 63, 72, 81, 90, etc.

    Oleh itu barangsiapa lahir dalam zodiak Aries,
    sentiasalah berwaspada kalo dalam menjalankan
    kerja-kerja berisiko tinggi yang membahayakan….

    ….Wallahulam….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s