Ustadz Yunahar Ilyas di Mata Saya..

Alhamdulillah, Subhanallah, akhirnya Ust. Yunahar Ilyas mendapatkan pengukuhan sebagai Guru Besar Ulumul Qur’an (bahasa lainnya Professor) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Berita gembira ini juga sempat diabadikan di situs berita OkeZone. Kawan-kawan juga bisa mengecek laporan tentang pidato pengukuhannya di situs itu.

Sebenarnya siapa sih Ust. Yun (begitu saya memanggilnya) hingga kabar itu begitu menggembirakan saya?

Ust. Yun, saya yakin tidak semua kawa-kawan mengenal nama beliau, atau minimal pernah dengar. Mungkin, ketidakpopuleran ini disebabkan beliau jarang diekspos media. Padahal, di mata saya beliau adalah orang yang luar biasa, luar biasa ilmunya dan luar biasa pula sebagai seorang personal.

Saya mengenal beliau pertama kali, saat awal mula masuk ke Pondok Pesantren Budi Mulia sebuah pondok yang didirikan Pak Amien Rais pada awal 80an. Di sana beliau menempati posisi sebagai direktur pondok, yang sekaligus mengampu kajian Aqidah dan Akhlaq setiap senin pagi.

Testimonial pertama yang saya dengar dari santri senior tentang beliau adalah tentang titel Lc (License, titel dari perguruan tinggi di timur tengah) yang beliau miliki bukanlah titel sembarangan. Karena Lc beliau bermakna lucu, lucu sekali. Saya pun membuktikannya, dalam setiap kajian beliau, selain pemahaman beliau akan materi yang amat dalam, beliau pun tidak segan untuk terus bercanda. Suatu hal yang amat jarang terjadi pada ulama sekaliber beliau.

Selain menjadi Direktur Pondok Budi Mulia, beliau pun ternyata juga memiliki kegiatan seabrek lainnya. Seperti menjadi Ketua PP Muhammadiyah, Dekan Fakultas Agama Islam UMY (mantan) dan juga Ketua MUI Bidang Luar Negeri. Seabrek kesibukan itu pula, yang membuat beliau pada beberapa kesempatan sering tidak dapat mengisi kajian di Budi Mulia.

Tokoh Panutan??

Saya merupakan pengagum Pak Amien Rais (juga mantan Ketua PP Muhammadiyah) sejak zaman SMA. Memang selama SMA, saya mendapatkan banyak masukan akan positif-negatif dari seorang Amien Rais. Namun, bagi saya beliau tetaplah tokoh yang bisa jadi panutan. Beliau seakan-akan tidak memiliki “urat takut” untuk menghadapi siapapun. Itu yang jarang dimiliki tokoh-tokoh lain, yang seringkali ciut nyalinya bila harus berhadapan dengan kejahatan yang dilakukan oleh tokoh-tokoh berpengaruh. Tapi, Pak Amien tidak gentar dengan siapapun. Reformasi 1998 adalah salah satu buktinya, dengan Pak Amien yang dikenal sebagai salah satu katalisatornya reformasi pun dapat bergulir.

Bila Pak Amien saya kagumi akan keberaniannya. Maka, Ustadz Yun saya kagumi dari ilmu yang beliau miliki. Meski ilmu beliau amat tinggi, beliau jarang menggunakan kata-kata yang asing atau njelimet. Beliau selalu bisa membawakan materi seberat apapun dengan kata-kata yang ringan dan mudah dicerna. Bahkan, pada suatu kesempatan di Budi Mulia, Pak Amien pun menyatakan kekagumannya akan kedalaman ilmu Ust. Yun. Kata Pak Amien, “Kalian harus belajar banyak dari Ustadz Yun, karena ilmu beliau amat dalam.”

Selain itu, saya juga mengagumi ke-istiqomahan beliau dalam menentang sekularisme, pluralisme dan liberalisme, baik di tingkat nasional maupun di internal Muhammadiyah sendiri. Seringkali dalam beberapa kesempatan, beliau menyampaikan ketegasannya akan ketiga isu tersebut. Beliau menyampaikan ketidaksepakatannya terhadap isu tersebut namun tetap dengan cara yang santun dan rasional. Itulah yang hebat.

Itu yang saya pahami dan kenang dari Ust. Yun…. Saya memang tidak dapat menuliskan profil beliau lebih detail, karena memang bukan itu inti dari tulisan saya kali ini. Tulisan ini hanya sekedar refleksi kekaguman saya akan Ustadz Yunahar.

Saya berdoa, semoga dengan pengukuhan guru besar tersebut. Ust, Yun dapat terus berdakwah, dapat terus membina masyarakat luas. Amien Ya Rabbal ‘Alamien…

9 thoughts on “Ustadz Yunahar Ilyas di Mata Saya..

  1. saya pernah di Jogja dan pernah mengikuti pengajiannya beliau…🙂

  2. selamat buat Ust. Yubahar…

    Mudah2an akan lahir Hamka-Hamka baru dari ranah Minang, yang tak berhenti melahirkan sosok-sosok luar biasa…

  3. memang foto ust yun masih dikit di internet mas..antum aja yang upload banyak…lagian antum bisa bidik pose ust yun dalam berbagai kegiatan, apalagi antum tiap hari ketemu sama ust yun..

    he2…
    ditunggu ni infonya..saya lagi pingin ngaji nih..:)

    Insya Allah mas…. nanti dikabari…

  4. Hehehem,,

    yha menurut beberapa sumber
    Uztad Yunahar memang ‘BERANI’

    semoga seminar nasional JMF besok benar2 dapat menghadirkan beliau,.
    dan Pak Adian Husaini juga,.

    Amien.. Amien… semoga sukses dan lancar kegiatannya….

  5. Saya juga pengagum beliau….😉

  6. iyo podo wae kang, dulu beliau dosenku di FAI UMY, uwonge apik tenan karo mhs juga akrab…

  7. Ust Yun ini ikhwah yang ada di PP Muhammadiyah gitu akh?

Leave a Reply

