Andai Ujian Semester Terjadi Tiap Hari

Postingan ini ku tulis di sela-sela sibuknya belajar untuk ujian. Alhamdulillah, selama ujian ini, badan terasa ringan untuk terus membaca dan menghafal berbagai materi-materi perkuliahan, begitu pula dengan semangat untuk berdoa dan beribadah. Suatu kondisi yang begitu kontras dengan keseharianku selama ini.

Mungkin hal ini tak hanya terjadi pada diriku, tapi juga pada kawan-kawan lainnya.

Ada contoh yang menarik bahwa ternyata kondisi ini juga terjadi bahkan pada beberapa kawan yang jarang serius di perkuliahan. Mendadak, ada yang mencari-cari berbagai softfile perkuliahan, ada yang mendadak sering online untuk mencari referensi atau bahkan sekedar chatting, dan bermacam-macam tindakan demi ujian lainnya.

Ga Ada Yang Salah…

Jujur, aku pun begitu menikmati suasana ujian seperti ini:

Suasana dimana ghirah belajar sedang memuncak, semua orang mendadak seperti jadi ahli di ilmunya masing-masing.

Suasana dimana iklim diskusi akademis intern mahasiswa menjadi sangat mungkin.

Suasana dimana ibadah dan doa terasa begitu mudah terpanjatkan kepada Allah SWT.

Hingga, suasana dimana masa depan Indonesia, seakan-akan akan begitu cemerlang di tangan para pemudanya.

Ah, andai (suasana) ujian semester terjadi tiap hari…. Sepakat, kan?

//——————–//

By the way, kawan-kawan, mohon doanya ya…. !!

Ujian masih berlangsung sampai minggu depan. Masih ada enam ujian lagi. Semoga semester ini tidak ada mata kuliah yang gagal (lagi). Amien!!

6 thoughts on “Andai Ujian Semester Terjadi Tiap Hari

  1. fany, adakalanya ujian hidup itu memang bermanfaat buat mendewasakan kita, begitu juga ujian semester. asalkan jangan ujian untuk mendapatkan surat isin mengemudi SIM karena saya yakin kamu akan nyogok untuk bisa lulus!

  2. beruntung masih dapat menikmati masa-masa indah saat ujian…

    soalnya temanku di sebuah univ swasta pernah cerita, kalo musim ujian di tempatnya tidak seindah seperti yang kau ceritakan…

    BUKAN..
    “suasana dimana masa depan Indonesia, seakan-akan akan begitu CEMERLANG di tangan para pemudanya”

    TAPI JUSTRU….
    “suasana dimana masa depan Indonesia, seakan-akan akan begitu SURAM di tangan para pemudanya”

    >>contek-mencontek, suap-menyuap, ternyata masih membudaya dikalangan pelajar kita… (termasuk pada saat UJIAN Nasional SMA, SMp)….

    mungkin ini sebuah tantangan didunia pendidikan kita..

  3. “Suasana dimana ibadah dan doa terasa begitu mudah terpanjatkan kepada Allah SWT.”

    Hehehe… Soalnya ada maksudnya tu..
    bukan karena tulus buat Allah SWT.

  4. wah, andai Ujian semester tiap hari, gila aja deh. hehe…

  5. andai ujian tiap hari ya….
    ga kebayang deh zul….
    gmn ujian mu??sukses smua kan??

    Alhamdulillah, lumayan mbak… Lumayan membuat was-was maksud saya. Loh, mbak astri sendiri gimana?

  6. wah ngeri tuh..
    kalo di tempatku mah ujian bisa seminggu sekali.. kalo ga salah pernah ada 4 ujian dalam sehari.. opo ga stres iku??

    stress?? he3x… di sini mah udah tiap hari stress….
    kalo udah gitu mending tidur aja…. ZzzzZzzzZzz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s