Silaturahmi Lebaran Buatku

Sekedar refleksi atas lebaran kemarin. Ternyata tahun ini jadwal silaturahmi saya makin sedikit meningkat. Seperti biasa, saya selalu menyempatkan diri untuk bersilaturahmi ke keluarga dari bapak dan ibu, tetangga sekitar, guru-guru SMA, rekan-rekan di organisasi, dan juga tidak terlupa ada rutinitas Halal bi Halal. Nah, dari beberapa silaturahmi ini, Alhamdulillah ada beberapa pengalaman menarik yang bisa saya ambil.

Silaturahmi ke pengurus Karisma (Keluarga Remaja Islam Magelang) sangat berarti buat saya. Salah seorang pengurus yang juga adik kelas saya, Huda, ternyata memiliki kisah hidup yang patut dijadikan teladan. Dia adalah orang yang tiap hari berjalan kaki lebih kurang 4 km untuk pulang-pergi dari rumah ke jalan raya terdekat. Belum lagi jarak rumah dengan sekolahnya tidak kurang 10 km. semua itu dijalaninya dengan senang hati. Suatu hal yang tidak saya rasakan sewaktu SMA dahulu. Segala keterbatasan itu ternyata tidak menghalanginya untuk menjadi aktivis yang menonjol di setiap organisasi yang diikutinya.

Subhanallah, selain Huda, di Karisma sendiri masih ada Afeb, Emi, dan Wigati yang juga hidup dalam keterbatasan. Namun, semua itu tidak mengurangi semangat mereka untuk terus berdakwah bersama Karisma. Keterbatasan bukanlah alas an untuk berkontribusi singkatnya. Luar biasa!!

Reuni dengan kawan-kawan sekelas sewaktu SMA juga tidak kalah menarik. Alhamdulillah, dari 40an kawan sekelas, ada sekitar 30an yang bisa hadir. Reuni yang diadakan di daerah Kaliangkrik ini jelas ramai, seramai dan seheboh suasana kelas IPA 3 dulu. Suasana yang entah kenapa tidak berubah sama sekali, masih seperti dulu. Ada yang memang cerewet, tetap cerewet. Ada yang pendiam, tetap pendiam. Ada yang suka nyeletuk, tetap seperti itu. Sepertinya waktu dua tahun pasca SMA belum banyak merubah kami. Entah benar, entah salah. Yang jelas saya banyak berharap, semoga kawan-kawanku selain cerdas secara akademik, semoga juga cerdas secara religiusitas. Amien!

Sebenarnya masih ada kisah silaturahmi saya dengan keluarga besar Bapak dan Ibu, dengan Sibema dan dengan eks-Osis. Namun, sepertinya tidak akan cukup untuk diceritakan satu persatu. Semoga dua cerita di atas dapat diambil maknanya oleh pembaca.

Poin terakhir, satu hal yang saya garis bawahi di sini, bahwa silaturahmi sangatlah bermanfaat. Selain mempererat rasa kekeluargaan, transfer informasi dan pengalaman juga dapat kita serap secara intensif.

“Tahukah kalian tentang sesuatu yang paling cepat mendatangkan kebaikan ataupun keburukan?

Sesuatu yang paling cepat mendatangkan kebaikan,’ sabda Rasulullah SAW, ‘adalah balasan (pahala) orang yang berbuat kebaikan dan menghubungkan tali silaturahmi, sedangkan yang paling cepat mendatangkan keburukan ialah balasan (siksaaan) bagi orang yang berbuat jahat dan yang memutuskan tali persaudaraan” (HR Ibnu Majah)

4 thoughts on “Silaturahmi Lebaran Buatku

  1. benar mas..silaturrahim itu memang menyejukan hati dan memperluas rezki… tapi sulit ketika kita punya kenangan buruk dengan orang akan kita silaturrahimi…

  2. # greata

    >>tapi sulit ketika kita punya kenangan buruk dengan orang akan kita silaturrahimi…<> dan itu tidak MUDAH

  3. komen yang diatas ‘CORRUPTED’…

    yang bener :

    # greata

    >>tapi sulit ketika kita punya kenangan buruk dengan orang akan kita silaturrahimi…<>Kalau ada orang berbuat baik kepada kita, lalu kitapun berbuat baik kepadanya, maka hal itu biasa alias wajar-wajar saja.
    >>Kalau ada orang berbuat baik kepada kita, namun kita justru berbuat jahat kepadanya, namanya kurang ajar.
    >>Kalau ada orang yang berbuat jahat kepada kita, namun justru kita baik sama dia, maka inilah yang LUAR BIASa….. >> dan itu tidak MUDAH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s