Ini Masjid Apa Mall Ya?

Jadi, ini koleksi foto-foto waktu saya dan kawan saya (Afeb) berjalan-jalan ke Semarang. Tepatnya, kami berniat untuk mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang masyhur itu. Itung-itung sekali-kali kami mencoba untuk berjalan-jalan sekaligus silaturahmi akan pesona Islam di nusantara.

Nah, kalo kalimat yang jadi judul itu muncul secara spontan dari lisan saya. Kenapa gitu? Karena melihat suasana MAJT yang begitu ramai, namun ramai sebagai tempat wisata, bukan sebagai tempat ibadah. Buktinya, waktu saya masuk banyak pengunjung yang begitu antusias berputar-putar dan bersenda gurau layaknya di tempat wisata ketimbang melaksanakan sholat atau ibadah. Terkesan menghakimi sih, tapi apa boleh buat, ini memang pandangan pribadi saya.

Selain foto2 MAJT, saya juga menyertakan dokumentasi perjalanan saya. Terutama dokumentasi (alias narsis-narsisan) saya di Monumen Palagan Ambarawa.

Seperti itu… ada yang mau nyumbang komentar?? Ditunggu nih…

Oh ya, foto lengkap bisa dilihat di sini

5 thoughts on “Ini Masjid Apa Mall Ya?

  1. terima kasih atas comment di postingan saya “review kajian ust adian”.
    iya, maaf. saya lupa menyebutkan nama antum sebagai moderator…insya Allah akan saya edit lagi…

    pertanyaan biasa aja kok..masih kalah sama pertanyaan peserta yang lain…

    ttd

    anggun gunawan
    mahasiswa tua yang belum lulus juga:)

  2. pengen kesana saya….

  3. hmm, pas aku ke Surabaya, ada juga masjid yang rame bgt, bukan untuk ibadah, tapi buat nongkrong, sayang aku lupa nama masjidnya
    btw, selaen masjid, kampus sekarang juga uda kayak mall lho
    buktinya kalo jam-jam tertentu, sering ada plakat bertuliskan:
    “Maaf, Parkir Penuh”
    ;D

    iya mbak, betul pada jam2 tertentu maskam emang udah kyk mall aja… rame utk tempat wisata…

  4. kalo maskam, bukan sekedar untuk tempat wisata, tp sekaligus jadi gedung serba guna. bisa buat walimah, pameran, diskusi, jualan, dll

    pokoknya bener2 mixed use dech….

    ck…ck…ck…
    pergeseran fungsi masjid? atau pergeseran behaviour orang-orangnya? pengaruh desain arsitekturalnya?
    hm….

    behaviour follows function?
    function follows form?
    form follows function???

  5. ha3…akhirnya sampai ke sana jg.
    Tempat itu bagus lagi.maklum kota itu butuh ruang publik.
    Semarang jadi tambah indah dan megah dengan adanya masjid tersebut.
    Lain kali, kasih tahu ya,mungkin bisa aku ajak mampir ke rumah.

    Wong Semarang

    Oke mas. Beneran lo, kalau saya ke Semarang nanti diajak ke rumah. Tolong disiapkan juga makanan paling mewah yg ada.hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s