Menambah Ilmu, Menambah Semangat!

Mungkin anda pun pernah merasakannya. Pada suatu waktu tertentu, tanpa suatu alasan yang jelas tiba-tiba anda kehilangan motivasi untuk berbuat apapun. Masih bisa ditolerir jika keadaan ini hanya membuat perasaan hampa dalam berkegiatan, namun menjadi amat berbahaya jika sampai membuat kita menghilang dari sebuah kegiatan, hanya tuk sekedar menenangkan diri.

Itulah yang saya rasakan beberapa hari terakhir, hampa. Dengan alasan yang tidak jelas pula. Saya begitu tidak berminat akan segala hal yang dikerjakan. Memiliki kegiatan seharian penuh, tapi ya sekedar dijalankan saja, tanpa ada orientasi apa yang bisa saya kerjakan lebih lanjut. Fiuh, yang jadi pertanyaan adalah ada gerangan apakah ini? Apakah ini karena sakit fisik maupun batin yang saya rasakan akhir-akhir ini?

Mungkin ada yang bisa menambah semangat dengan mencari sms motivasi, tapi itu tidak mempan buat saya. Ada juga yang mencari motivasi dengan menghubungi kekasihnya, masalahnya saya ndak punya (Alhamdulillah..). Ada juga yang menambah motivasi dengan membaca-baca buku motivasi, sayangnya akhir-akhir ini saya sedang ilfeel dengan buku-buku seperti itu. Atau mungkin ada yang menambah motivasi dengan menonton film, waduh saya bukan tipe penggemar film. Maka jadilah saya beberapa hari terakhir ini hanya termenung bingung… ingin mencari motivasi tambahan, akan tetapi bingung kemana mencarinya.

**************

Luar biasa ! Alhamdulillah, motivasi itu saya dapatkan dari mengikuti diskusi (seminar) hari ini, seminar antar gerakan mahasiswa Islam. Di sini ada beberapa pembicara yang masih muda (masih mahasiswa pula), namun mereka mampu membawakan materi dengan begitu bersemangat dan menggebu-gebu.

Motivasi inilah yang menjadi energi lebih buat saya, yang mampu memompa semangat di hari-hari membosankan ini. Saya mampu mendapatkannya dari para pembicara di depan. Saya termotivasi karena berpikir jika mereka saja bisa seperti itu, kenapa saya tidak? *lagi-lagi egoisme saya yang keluar, hehehe* mungkin ini internalisasi Fastabiqul Khoirot yang sedang saya rasakan.

Bagaimana dengan anda? Masihkah anda merasakan “kehampaan” dalam menjalani berbagai aktivitas anda? Semoga tidak….

2 thoughts on “Menambah Ilmu, Menambah Semangat!

  1. Semangat, semangat diperlukan di manamana.

    Iya, Pak, semangat memang diperlukan dimana2. Tapi, dia kan naik turun. Itu yg sering jadi masalah sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s