Jadilah DORAeMON…

Anda salah mengira jika menginginkan saya bercerita tentang Doraemon, seekor robot kucing dari serial Jepang yang biasa kita lihat selama hampir dua dekade ini. Doraemon yang akan saya ceritakan adalah konsep kepemimpinan pemuda ideal menurut Pak Adhyaksa Dault (Menpora RI). Konsep ini merupakan oleh-oleh saat beliau menjadi Keynote Speaker pada Simposium Nasional Kepemimpinan Pemuda, kegiatan yang diadakan oleh DPM KM UGM dengan PPSDMS Nurul Fikri, di University Center, hari Sabtu, 19 April 2008 kemarin.

Nah, apa itu DORAeMON? Mari kita bahas satu per satu… (dicatat kalau perlu)

D: Dream >> Bermimpilah !!

Kata pepatah, Orang yang tidak mampu bermimpi adalah orang yang tidak pantas hidup, benarkah? Menurut saya, sah-sah saja. Apa sih susahnya bermimpi? Bahkan saat tidak kita rencanakan bermimpi pun dalam tidur mimpi menghampiri kita.

Akan tetapi, bukan mimpi sembarangan, kawan. Melainkan mimpi yang menjadi manifestasi harapan ideal kita di masa depan. Mau jadi apa kita? Dokter, Wartawan, Ahli Elektronik, Arsitek, Hakim, Pengacara, Presiden, Professor atau apa saja akan sangat tergantung bagaimana kita menaruh mimpi itu saat ini. Jadi, bermimpilah kawan, karena Tuhan memelukmu dengan mimpi-mimpi itu.

O: Opportunity >> Carilah Peluang !!

Setelah punya ‘mimpi’. Maka kita harus mencari peluang, peluang untuk mewujudkan mimpi itu tentunya. Dimanakah dia? Dia tidak ada di sembarang tempat, perlu usaha keras untuk mendapatkannya. Seorang striker yang harus membuat gol misalnya, dia harus mencari peluang tsb di depan gawang lawan, bukan gawang sendiri. Begitu pula dengan seorang calon presiden, dia harus mengambil peluang dengan mendekati masyarakat dan tokoh-tokoh pentingnya.

R: Reform >> Reformasi !!

Reformasi adalah gerbang pintu raksasa yang mengantarkan Indonesia sampai pada era kebebasan saat ini, setelah puluhan tahun dipenjara ‘demokrasi-semu’. Reformasi pula yang mampu mengantarkan Iran lepas dari ‘rezim boneka’ Syah Pahlevi.

Reformasi bermakna perubahan drastis. Namun, reformasi menurut Pak Adhyaksa juga berarti muhasabah (introspeksi diri), agar hidup kita pun selalu tertata di jalan yang benar, jalan yang lurus menuju mimpi kita.

A: Action >> Ayo Bertindak !!

Jangan cuma bermimpi, bertindaklah! Mungkin seperti ayat dalam Al Qur’an yang berbunyi, “dan tidaklah manusia mendapatkan kecuali apa yang mereka usahakan”. Saya sendiri merasakan betapa sulitnya bertindak ketimbang hanya berbicara. Namun, sebagai ‘pejuang’ kita semua harus bertindak sejauh potensi yang kita miliki, seberat apapun itu.

e: ??

Ini dia yang hilang. Entah, saya lupa menuliskan atau memang huruf E tidak dikenal beliau. He3. Mohon maaf, silakan kalau mau ditambahi sendiri…

M: Mapping >> Petakan Hidupmu !!

Mapping adalah pemetaaan. Maksudnya, pemetaan dengan tepat segala peluang dan ancaman yang hadir. Pemetaan juga bermakna agar kita dapat menentukan mana prioritas target yang harus dicapai. Bahkan, Rukun Islam yang lima itu juga menggunakan pemetaan, kawan. Karena kelima unsur itu merupakan unsur ibadah yang paling ‘wajib’ dari semua ibadah lainnya.

O: Organization >> Aktif Berorganisasi Yuk !!

Udah punya mimpi, udah punya peluang, udah punya aksi, tentu kesemuanya harus diselaraskan secara efektif dan efisien. Maka dari itu, organisasi adalah wadah untuk mengefektifkan gerakan kita. Sendirian kita dapat saja mengubah suatu desa, tapi dengan organisasi kita akan mampu merubah dunia!

Sinergi organisasi ini pula yang mampu mengantarkan Muhammad Abduh dan gurunya Jamaluddin Al Afghany dengan organisasi Al-Urwatul Wutsqa di Perancisnya menggetarkan dunia barat saat itu. Bahkan saking fobianya, mereka berdua harus diusir dari Perancis.

N: Networking >> Buatlah Jaringan !!

Tahu bagaimana kesuksesan seorang politikus? Tidak akan jauh-jauh dari bagaimana lihainya dia membuat jaringan. Dia harus mampu meyakinkan berbagai kalangan akan kemampuannya dalam memimpin. SBY misalnya, saat terpilih pada Pemilu 2004, faktor yang sangat berperan adalah bagaimana kemampuannya menempatkan diri sebagai tokoh yang netral, beliau mampu berdiri bersama tokoh-tokoh agamis maupun duduk bersama-sama tokoh nasionalis.

Tidak hanya politikus, seorang pengusaha juga harus memiliki jaringan yang luas. Seorang pengusaha tidak akan sukses karena dirinya sendiri, melainkan karena akumulasi kerja dari keseluruhan jaringan yang dia bentuk. Nah, jika politikus dan pengusaha saja butuh jaringan yang kuat, apalagi pemuda?

Kira-kira itu DORAeMON yang saya maksud. Seberapa beratnya konsep di atas, saya yakin kita semua akan dapat menjalankannya bilamana ada tekad yang baja untuk sukses menjadi pemimpin masa depan. Siapkah tekad kita?

Hambatan berupa ratusan tangga di depan mata tak akan selesai dalam sekejap.

Maka dari itu, mulailah dengan langkah kecil saat ini juga… !!

6 thoughts on “Jadilah DORAeMON…

  1. BLOGGING……..

    kayaknya blogging juga bisa membantu mewujudkan DORAEMON nih…

    blog bisa jadi tempat bermimpi….
    blog juga bisa jadi tempat buat cari peluang……
    apalagi mau bikin jaringan……
    dll….

    hidup BLOGGER IMM UGM

  2. @ Qolbi

    Bener.. bener…
    Blog memang area yang amat multi-guna…

    *Doraemon, tralala..trilili…*

  3. DORAEMON, sebuah konsep yang begitu ideal.
    yang ideal itu biasanya hanya mimpi…
    DORAEMON juga hanya MIMPI…….

  4. @ pilabeanku

    judulnya aja juga simposiun konsep kepemimpinan pemuda ideal

    he3… wajar aja kalau impiannya melangit..

  5. jadi pengen nonton aksinya doraemon nih….kLO bisa pemimpin muda jangan cuma jadi “oleh2 baru” yang hanya bisa bwt mainan……boleh tw nggak sekarang ni oknum2 manayang pantes jadi “fresh leader”????

  6. @ Sadam

    Waduh, kalau saya nyebut nama nanti ndak partisan.
    Tapi, kemarin Pak Adhyaksa nyebut2 nama Sri Sultan (Gubernur DIY) sebagai calon muda yg potensial…

    apa beliau masih ‘muda’ ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s