[SHARING] Analisis Wacana Kritis (Norman Fairclough)

Berhubung skripsi saya yang terbaru (setelah ganti judul) menggunakan analisis wacana. Saya pikir tidak ada salahnya untuk berbagi dengan kawan-kawan tentang analisis wacana. Di bawah ada rangkuman dari pembacaan saya terhadap literatur tentang AWK Fairclough.

Pertanyaan mendasar, apa itu Analisis Wacana Kritis?

Inti dari analisis wacana adalah teks. Analisis wacana mempelajari bagaimana kekuasaan disalahgunakan atau bagaimana dominasi serta ketidakadilan dijalankan dan direproduksi melalui teks (dalam praktiknya teks di sini bisa diartikan sebagai berita, puisi, lagu, video, dsb). Termasuk di dalamnya akan dipelajari pula bagaimana produksi wacana berlangsung dan relasi kuasa apa saja yang ada di belakangnya.

Bedanya dengan Analisis Isi?

Beda jauh, kawan. Dalam tradisi analisis teks, ada 2 perspektif dominan: kuantitatif dan kualitatif. Analisis isi cenderung kuantitatif, sistematis dan terukur. Sedangkan, analisis wacana (disamping analisis framing) sifatnya kualitatif, cenderung selektif dan interpretatif.

Analisis Wacana Norman Fairclough?

Iya, teknik analisis wacana kan ada banyak, tak hanya Fairclough. Yang populer antara lain: Sara Mills, Fowler, dkk, Foucault dan Van Dijk. Nah, analisis wacana kritis yang merujuk pada pemikiran Fairclough dari buku Critical Discourse Analysis mengkombinasikan tradisi analisis tekstual dengan konteks masyarakat yang lebih luas. Bahasa sebagai manifest dari teks dilihat sebagai proses dialektika dengan struktur sosial sehingga analisis akan dipusatkan pada bagaimana bahasa terbentuk dan dibentuk dari relasi sosial dan konteks sosial tertentu.

Analisis wacana kritis pada dasarnya berpijak pada gagasan Marx yang memandang masyarakat sebagai sistem kelas. Masyarakat dipandang sebagai sebuah dominasi dan media menjadi bagian dari sistem dominasi tersebut. Sehingga, media diyakini (atau lebih tepatnya dicurigai) sebagai alat dominasi dari kelompok dominan terhadap kelompok lain.

Tujuan dari Analisis Wacana Kritis apa?

Tujuannya adalah mengkritisi ideologi yang melatarbelakangi sebuah wacana dengan jalan menelanjangi asumsi-asumsi kebenaran yang seringkali sudah menjadi common sense di masyarakat (Narendra, 2008:140). Begitu…

Nah, lebih lanjut saya menyediakan beberapa file yang bisa didownload. Yang pertama adalah rangkuman saya tentang metode analisis ini. Yang kedua dan ketiga adalah buku (format pdf dan djvu) asli dari Norman Fairclough yang bisa digunakan untuk memperdalam pemahaman rekan-rekan.

Download:

1. Kerangka Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough (Rangkuman)

2. Buku “Critical Discourse Analysis” (Norman Fairclough, English Ver.)

3. Buku “Language and Power” (Norman Fairclough, English Ver.)

4. Slideshow Kuliah Analisis Wacana di Ilmu Komunikasi UGM.

30 thoughts on “[SHARING] Analisis Wacana Kritis (Norman Fairclough)

  1. yuk, mariii
    sy juga fairclough insya Alloh

    jadi maturnuwun atas ulasannya yang ini
    hehe…

  2. makasih berbaginya…………………

  3. makasih banget buat tauan unduhannya. sangat bermanfaat ^_^

  4. hallo mas zulfi, terima kasih artikelnya ya. saya juga sedang buat skripsi dengan CDA. yang saya kurang paham, yang dimaksud dengan penyalahgunaan kekuasaan disini itu kuasa penulis sebagai perancang wacana atau kekuasaan politik? lalu bila wacananya ternyata bertentangan dengan wacana dominan apa masih bisa diteliti dengan CDA?

    trims
    citra

    • In my opinion, tidak masalah bila bertentangan dg wacana dominan. Buktinya Tv One & ANTV masih bisa menyebut LPI itu Liga Illegal. Bahkan dalam beberapa kesempatan, (seakan2) membela Nurdin Halid.

      Justru CDA itu digunakan untuk membuktikan ada kuasa yang bermain di belakang media.

      Kemudian tentang penyalahgunaan kekuasaan, itu maksudnya berita kan harusnya obyektif / imparsial. Tapi, dalam praktiknya kan tidak seperti itu. Seringkali media memang menggunakan kuasa beritanya untuk mewacanakan berbagai hal untuk melanggengkan dominasi, atau justru membuat dominasi.

  5. kang zulfi link downlodnya gagal…1.2.3

  6. thanx sob..ane lagi mulai milih2 metode apa nih yang mungkin ane pake buat skripsi…..

  7. Saya ijin download ya Zul. Walaupun saya bukan anak komunikasi, heheee….

    Suwun

  8. Wah makasih ya, sy juga lgi nyari2 tau tentang ini. Sy ingin masukan, kira2 kasus lain yg bisa dibedah melalui analisis wacana ini, dlm konteks lokal misalnya, kira2 apa ya?
    Oia, kira2 disertasi dari mantan ketua BIN, yg tentang terorisme dan fundamentalisme itu titik tolaknya dari analisis ini juga ga ya? Mohon pnjelasannya

  9. Wacana filsafat coba pake Hermeneutik aja, bukan analisis wacana.

  10. tapi kalau kita mau baca perspektif ieng an (aeng in [?]) bahwa audiens itu tak “kosongan”—bahasa kasarnya—dalam menerima informasi, kira2 bagaimana bung jika dibenturkan dengan fairclough? thanks

    • Fairclough lebih melihatnya dari sudut produsen pesan.
      Kalau audiens, penelitiannya pake model khalayak.
      Seperti pertentangan antara teori jarum hipodermik vs uses and gratifications.

  11. makasih banyak kaka, sangat membantu skripsi akuuuu :D

  12. maaf mas, saya mau izin download bukunya….diminta verification code-nya….gimana ya…thanks ya :)

  13. Pertama sekali saya ucapkan terimakasih buat mas Zul…………saya sedang meneliti bahasa/teks/talk yg dipakai guru ketika mengajar di kelas. Apakah kira2 AWK?ACD Fairclough ini bisa digunakan dengan data tsb ? Karena saya perhatikan AWK/CDA sering hanya digunakan dalam penelitian yg berhubungan dengan politik. Terimakasih banyak ya mas.

  14. bagaimana pendapat mas bro mengenai hari tanoe soedibjo(pengusaha media mnc group) masuk ke partai nasional demokrat (punya surya paloh pemilik media group)? saya menggunakan analisi wacana van djik. bisa minta kontak personnya gak? email dll. trims

  15. Maaf mau tanya,kalo mau menganalisis sebuah program radio itu, bisa ga ya pake pendekatan norman fairclough? Atau kira2 ada ga pendekatan lain yang lebih cocok di pake untuk analisis wacana teks program siaran radio?

  16. mas bantu aq cei dudul tesis donk yang bahasa inggeis

  17. Pingback: Analisis Wacana | IESDEPEDIA

  18. Menarik. Saya pun berencana mengambil penelitian skripsi ttg analisis wacana kritis (AWK).

  19. kang,saya mau buku nya awk yang norman dong, dimana ya dapetin nya?
    nuhun kang.
    klo bisa atau ada link, confirm cp 082128188658

  20. Terimaksih sekali buku2nya membantu skripsi saya

  21. maaf mau nanya. kalo suatu program tayangan tv (realty show/sinetron) kira2 bisa pake awk gak? kalo bisa, yang cocok awk nya siapa yah? terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s