Jeritan Golongan Darah AB

Menuju 9 April nanti, makin banyak saja posting di Multiply yang menyinggung urusan Pemilu. Mulai dari undangan kampanye terbuka, promosi partai, atau arahan-arahan politis lainnya.

Bukannya saya apatis. Tapi, wajar bila saya mulai bosan melihat inbox multiply dipenuhi permasalahan politik melulu. Makanya, saya mencoba keluar dari mainstream permasalahan kontemporer saat ini. Kali ini, saya pengen berbagi cerita tentang golongan darah AB yang saya miliki.

*****

Pertama kali mengetahui golongan darah saat SMA. Tepatnya saat pelajaran biologi. Saat itu satu per satu siswa mengecek golongan darahnya. Dari tes tersebut, saya baru mengetahui AB adalah golongan darah yang saya miliki. Berhubung dalam pelajaran biologi golongan darah AB adalah resipient universal. Maka, saat itu tak ada keresahan yang muncul dalam benak saya.

Namun, ternyata saya melupakan suatu hal yang amat krusial. Bahwa sifat AB yang universal tersebut secara tidak langsung berbanding terbalik dengan jumlah pemiliknya. Artinya, memang golongan darah AB memang dapat didonor golongan darah apapun, namun terhitung jarang pula pemiliknya.

Nah, inilah pangkal keresahan saya. Begitu jarangnya golongan darah AB baru saya sadari akhir-akhir ini. Saat tes golongan darah zaman SMA misalnya, praktis dari sekitar 40 siswa sekelas, hanya ada 3~4 siswa yang bergolongan darah AB. Belum lagi, saat donor darah di Radio Sonora Jogja beberapa waktu lalu. Dari 100an pendonor, lagi-lagi hanya ada sekitar 5 pendonor AB. Bahkan, karena itu pula saya ditawari untuk bergabung dengan Komunitas AB di Jogja. Tujuannya simpel: untuk saling menjaga apabila terjadi sesuatu hal tentunya.

Cukup meresahkan mengingat jarangnya golongan darah ini. Apalagi dalam keluarga saya pun, nyaris tak ada orang lain yang memiliki golongan darah AB. Berhubung Bapak B dan Ibu A. Maka, adik-kakak pun bergolongan darah O. Artinya bila terjadi suatu hal dengan diri saya, akan mustahil meminta donor dari keluarga terdekat.

Kembali pada masalah AB sebagai resipient universal. Lagi-lagi yang meresahkan adalah kenyataan dalam kedokteran modern bahwa transfusi antar golongan sudah tidak relevan lagi.

Mungkin hanya berbagi keresahan. Berhubung akhir-akhir ini secara mendadak banyak permintaan donor karena kecelakaan. Wajar bila saya agak risau.

Link artikel lain tentang Golongan Darah AB:

1. Kaskus Golongan Darah AB.

2. Asnawi’s Blog.

3. Kolom Andrie Wongso.

90 thoughts on “Jeritan Golongan Darah AB

  1. Kekhawatiran yang notabene banyak dimiliki orang….

    Kenapa yaaa…? menderita penyakit Leukimia kah…? Atau Thalasemia kah…?

    Kalau memang kondisinya ‘sedikit’ seperti itu, dalam konsep realitas sederhana saja, berarti ‘korban’ yg membutuhkan darah berasal dari AB juga kurang juga khan…? Sehingga di PMI pun permintaan untuk darah AB juga kurang….

    Allah SWT telah memberikan ‘keseimbangan’ dalam hidup ini…

    Dont worry…be happy…? (btw, kayak iklan asuransi yaaa…???)

  2. kalo gitu, berhati2lah dalam mengemudikan kendaraan :P

  3. gusti awwoh ora bakal nelantarke omm….

    inga!…inga!
    kopdar Mgl tgl 11 April 09 jam 10 pagi di Alun2 Mgl

    • sebenarnya para pedonor darah AB banyak termasuk saya juga golongan darah AB akan tetapi kalau tidak ada wadahnya ya bercerai berai.jadikan komunitas golongan darah AB jadi pelopor untuk berbegi sesamanya.

  4. bikin stiker di motor/mobil,
    “saya golongan darah AB, susah cari donornya, jangan ditabrak ya”
    hehe

    Benar ini, pak… cerdas,, cerdas… hehe

  5. salam kenal mas, numpang corat-coret aja
    btw aku juga termasuk orang yang bergolongan darah AB kok
    gak usah kwatir ato takut, ntar pasti dah da jalannya sendiri hehehe
    kalo golongan darah ini langka, kita harus bangga dunk hhee kali aj ntar di lindungi pemerintah biar gak punah…

    makasih….
    wassalam

  6. Hhmmm… saya juga belajar golongan darah secara detail pas belajar genetika, kelas 2 SMA.

    Bukankah golongan darah AB sering disebut “recipient universal” ? Golongan darah yang dapat menerima sumbangan darah dari semua golongan darah. Sedangkan golongan darah O sering disebut sebagai “donor universal”, darahnya dapat disumbangkan untuk semua golongan darah.

    Saya rasa Allah Maha Adil yah… Dengan sedikitnya jumlah pemilik golongan darah AB, maka dimudahkan lah bagi mereka dengan cara dapat menerima sumbangan darah dari golongan darah manapun untuk membantu mereka.

    Saya bergolongan darah A, suami B. Anak pertama saya golongan darahnya AB :)

    Di Jogjakarta ada perkumpulan namanya Komunitas AB. Membernya ya mereka yang bergolongan darah AB. Mulai dari usia bayi sampai orang tua. Mereka melakukan kegiatan donor darah secara rutin dan punya program untuk membantu sesama AB bila diperlukan. So, don’t worry hehehehehe…

  7. saya malah lagi nyari asosiasinya. ada yg tau ga?

  8. wah aku jd takut jg nih.. Betul tu langka bgt! Disekolahku tmnqw seangkatan cuma 2 orang aja yang ab. Kamu ikt komunitas ab ya? Gmana si kalo mau gabung?

    • gabung aja di FB nya…KOMUNITAS GOLONGAN DARAH AB…. bentar lg mo ngadain Gathering tuh….yuk gabung….:-)

  9. saya juga AB bro..tenang aja bro

  10. ikut nimbrung mas. sesama golongan darah AB nih.

  11. AB Juga… sama, taunya jg dari pelajaran biologi :D
    Sempat berpikir kalo donor darah AB tu gak berguna, gara2 pelajaran di sekolah. katanya kan recipient universal. jadinya pas di kampus cuman donor 2x. habis itu gak pernah soalnya kepikiran :
    “Ngapain donor AB, toh yg butuh sedikit. bisa nerima dari gol darah apa aja”
    Tapi skarang baru tau… kalo jaman skarang tu ilmu tentang recipient universal udah basi.. banyak kegagalan kalo nerima dari gol darah lain. So, AB musti nrima darah AB jg… yg ternyata pemiliknya dikiiit banget… agak mulai kepikiran juga skarang, coz pasti masih banyak di luar sana gol.AB yg berpikir darahnya gak berguna, jadi males donor :D
    Musti di sosialisasikan nih….

  12. aq AB rhesus negatif,tapi untungnya kedua kakak q jg Ab.

  13. ikut comment ya mas, Aku Juga golongan darah Ab, jujur aku kadang ngerasa badanku terlalu ringkih alias gampang sakit semoga bukan kjarena golongan darah ya mas. hmmmmm untuk masalah donor darah aku punya sedikit cerita tentang golongan darahku ini. seorang teman pernah meninggal tidak tertolong nyawanya setelah tabrakan hanya karena tidak adanya stok darah golongan Ab di PMI. miris banget tau cerita itu apalagi aku tau golongan darahku sama dengan dia namun aku belum cukup umur untuk donor pada waktu itu. setelah kejadian itu aku merasa wajib untuk dapat bisa membantu sesama meskipun hanya dengan darah yang aku punya. diniatkan untuk kebaikan saja, niat kita donor untuk membantu sesama terlepas banyak atau tidaknya yang membutuhkan. jangan sampai hanya karena permintaan yang sedikit kita jadi malas untuk beramal (donor darah) apalagi donor darah dapat membuat kita sehat.

    Regards,
    Ade P Darum

  14. kq mlhan nyesal dksh gol drh AB? kn harusny senang, resipien universal gt loh. siapa pun kan drahny ttp bisa masuk. gw z senang x puny gol drh AB langka mas, perlu dilestarikan wkwkwkwk..

  15. aq tny am perawat katax skrg uda g d’anjurkan lg AB nerima dr semua golongan krn pd knyataanx hal itu kurang brhasil. jd sebaikx AB nerima dr AB, soal recipient universal itu dah dlu bgt n g brhasil deh krn msh bnyk trjdi “penggumpalan” darah klo AB nerima dr golongan lain. klo g salah itu istilahnya ‘penggumpalan’ maap klo ad salah kata. aq jg AB Rh+ ni lbh susah krn kbnykn di Indonesia Rh-

    Yup, memang kedokteran modern (setahu saya) sudah tidak merekomendasikan lagi adanya resipient/donor universal…

    • yg lbh langka itu AB Rhesus negatif.. jarang orang yg rhesusny negatif..krna rhesus positif lbh dominan dlm sistem gen2an..rata2 orang indonesia rhesusny positif,walopun ad yg Rh neg jg tp sgt jarang..

    • setahu saya yang memiliki rhesus negatif di indonesia itu hanya 2% dari total jumlah penduduk indonesia, hati-hati buat wanita yang punya rhesus negatif krn berpengaruh pada saat dia hamil jika anak yang dikandungnya ber-rhesus positif

  16. asalamu’alaikum wrwb

    kami atas nama aksi sosial smp 92 jkt, mo tanya…selain di jogya, di kota-2 lain, khusus di jakarta ada ga komunitas AB?? krn saat ini kami sangat membutuhkannya…dan kami sangat sulit untuk mendapatkannya…

    darah ini nantinya akan kami berikan untuk guru smp kami yang saat ini kondisinya sangat memprihatinkan…

    atas bantuan dan perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    wassalam,

    Wlkslm.. Saya mohon maaf tidak memiliki info tersebut…

    abi raphika

    nb: info mohon e-mail: dudi.mahfudin@yahoo.com

  17. berarti gerakan donor darah rutin perlu digalakkan. soalnya seperti tidak hanya golonga AB yang kurang. Beberapa kali saya mendengar baik diberita maupun secara langsung, golongan darah X kurang, kantong darah di PMI kurang. Ini mungkin karena gerakan donor darah rutin belum memasyarakat (atau saya saja yang belum tahu kalo ada gerakan donor darah rutin). Setahu saya orang bisa mendonorkan darahnya tiap 3 bulan sekali.

    Makanya aku lagi belajar rutin donor darah nih.

  18. ta usah takut yang berdarah ab …enjoy aja lagi!justru yg perlu ditakutin itu penyakit yang mudah menjangkit org berdarah ab.( gua juga ab but setelah baca salah satu artikel gue jadi merinding).Penyakit yang mudah menjangkit org berdarah ab itu kanker,serangan jantung, dan mudah kaget. Gyaaaa! ini penyakit terparah yang dapat menyerang kita ketimbang golongan darah lainnya!!!
    ohhhh…kita musti jaga kesehatan kita sebaik mungkin…!!

  19. well..keep the good work!! and dont to worry about that kind of things… god who will decide it you know?

  20. Salam anget… ^_^

    Mau jg tuh, klo ada info komunitas Golongan darah AB. Apalagi d Jogya ato Jakarta. Plis send k sit_sar@yahoo.com.

    Waduh, belum ada info tuh. Tapi, di FB ada grupnya kok..

    • gabung ke group di FB nya dulu aja..KOMUNITAS GOLONGAN DARAH AB..tar minta info sekretariat KOMUNITAS AB Yogya…ada kok…:-)

  21. tenang mas…kita senasib hahhaa…saya gol darahnya juga AB

  22. well,kt pux masaalah yang sama but jalani aj hidup dengan nyantai ,hidup mati khan urusa TUHAN….

  23. slama 17 tahun ini sya tidak pernah tahu kalau sya bergolongan darah “AB”…
    slama ini org tua sya menginformasikan kpd sya kalau sya ini bergolongan drah “B”…
    tpi tdi ketika di sekolah ada acr donor darah dan di test darah sya, t’nyata gol darah sya alah “AB”…
    ad sdikit prasaan bangga karena hanya sedikit org yg memiliki gol darah tsb…
    tpi melihat artikel di website yg mnyebutkan bahwa org yg brgolongan drah “AB” mudah terjangkit penyakit b’bahaya, sya jdi takut juga nhe…
    Apalagi sya juga jarang berolahraga…
    kalau tahu s’perti ini lebih baik sya tadi tidak perlu tahu jenis golongan darah sya…
    jdi takut skrng…

  24. Pertama kali periksa golongan darah waktu SMP kelas 2 tapi saya gak percaya kalo golongan darah saya AB, dalam hati kecil saya bilang pasti hasilnya keliru .
    Waktu kuliah semester 4 kampus adakan DONOR DARAH trus ketua panitia nya saya, rasa penasaran dan was-was dengan golongan darah muncul lagi. jadinya saya menjadi peserta pertama tes golongan darah hasilnya…ternyata benar golongan darah saya “AB”, saking tidak percayanya saya tanya berulang-ulang sama petugas PMI nya..”ini gak salah bu ?? ” di tes ulang hasilnya tetap sama “AB”….but dont worry…semua itu sudah di atur sama yang di Atas.
    Tahun 2008 kemarin saya menikah, ternyata suami saya golongan darahnya juga “AB”…

  25. Awalnya sih saya juga nggak tau kalo saya bergolongan darah “AB”..
    Selama kurang lebih 16 tahun, saya tdk pernah mengecek darah..
    Cek darah kali ini pun bukan karena sekedar untuk mengetahui gol darah saya, tapi karena saya demam dan di kota saya lagi marak-maraknya penyakit DBD..
    So…
    Saya keRS untuk cek darah, sekaligus gol darah..

    hasilnya.. saya bergolongan darah AB…
    awalnya saya kaget…
    Ayah saya bergolongan darah A,
    Ibu saya B
    2 kakak saya O…

    tapi saya teringat pelajaran biologi yang pernah saya dapat mengenai golongan darah, jadi saya tdk merasa bingung lagi…
    buat yang bergolongan darah AB lainnya, jangan takut…
    hidup mati seseorang tu sdh diatur sama Papi Jesus… so, don’t be affraid deh… Gbu all

  26. ada baiknya kalian yg berdarah ab mencari siapa aja yg berdarah ab sebanyak mungkin dikota kalian atau cari teman-teman yg satu golongan….lalu bikin grup utk seumur hidup…he…he….he…atau menabung dulu di PMI…kalau lg darurat bisa diambil saat itu juga……

  27. Wah cerita anda tentang mengetahui golongan darah sama dengan saya,
    sya juga pertama kali baru tau golongan darah saya AB waktu SMA pas praktikum Biologi
    …HAHAHAHAHHAA…:DD

  28. .. gw AB, n br 2x dnor, dnor bl da yg mnta aj, biz gw mood2 an n kndisi fisik jg sring g stabil, sering psing.
    Dt4 gw ci yg minta golda AB jrang bgt n yg pnya golda AB nya jrang jg. Brdoa aj ci mdh2an gw ga celaka n ga mbtuhkn tmbhn darah gt ntar, krn nyarix lmyan ssah gt, amin..

  29. Saya Gol AB, jangan khawatir saya siap didonor kapan saja.

  30. Hm.. Saya juga gol. drh. AB..
    (aq malah shabis baca artikel ini jd agak mikir juga)
    hehe..
    But, seperti yg udh pd posting, don’t worry..
    Smua itu udh da jlnnya n udh dtentuin ama yg diatas..
    BTW, q prnh baca, katanya kalo d Jepang tu lbh mengutamakan gol.drh drpd zodiak utk nentuin kpribadian? n gol.drh. AB seperti mmliki 2 sifat yg brbeda dlm dirinya y?

  31. jgn khawatir.. golongan darah AB itu memiliki karakter paling spesial dari pada golongan darah yg lain.. walaupun di jepang karakter AB tersingkir dari pada yg lain.. namun keistimewaan pemikiran AB yg lebih menyukai hal2 bernuansa seni dan metafisika dan lebih menilai sesuatu menggunakan perasaan dari pada menggunakan logika.. hal ini sdh menjadi sifat utama pada AB.. bersyukurlah yg memiliki golongan darah AB karena suka menjaga perasaan org lain terlebih AB memiliki kepribadian yg sentimen..

    menurut pandangan saya justru karena sedikit golongan darah ini AB akan lebih baik dalam komunitas (walaupun kurang dlm peran yg kuat) namun di dlm dirinya akan terkesan lebih heroic dari pda golongan darah yg lain..

  32. ga harus kwatir dg golda AB

  33. Saya juga bergolongan darah AB. Saya rasa ada hal-hal yang kurang benar yang mas utarakan di atas. Semisal ketakukan mas apabila terjadi apa2, semisal kecelakaan. Golongan AB disebut sebagai Recipient Universal itu brarti golongan darah AB hampir bisa dikatakan mampu menerima donor golongan darah apa saja.

  34. wah, dari sekian posting udah bxk lhhoo yg gol darah AB.
    di itung2 udah 10 lebih.
    ini aja yg baru posting ke forum ini. belom lagi yg laen.
    so, tenang aja. pasti masih bxk kq yang gol. darahnya AB.

    mm, oya. aku jga gol darah AB.
    ^-^

  35. salam all….

    kalo di jogja ada komunitas gol darah AB kira2 di jakarta ada ga ya??

  36. q juga AB. pernah waktu sakit (DBD), perlu donor AB, y Allah nyari susah bgt.
    klu ada kominitas di surabaya ada jg gag y??

  37. Harus hati – hati nih ……berangkat dan pulang kantor………saya juga AB nih ,dulu waktu sma dari 300 orang cuma ada 2 orang yang golongan darahnya AB .gimana caranya ikutan komunitas gol AB .di bandung ada gak yah.

  38. Ijin gabung pak … sy jg AB … posisi di Bandung-Cimahi … klo butuh darah sy …. hub saya …. kita saling bantu …. !!!! ^_^ …

  39. saya juga golongan darahnya AB, walau bagaimanapun juga kita harus bersukur dengan apa yang telah ALLAH Swt berikan kepada kita. meskipun banyak orang yang mengatakan darah AB adalah darah yang tidak berguna, namun jika saya sanggup untuk mendonornya maka saya akan berikan, karena setetes darah saya adalah nyawa bagi orang lain. meskipun sedikit yang membutukannya namun itu juga sulit bgi orang yang membutuhkannya untuk mendapatnya.

  40. nimbrung.. ku juga AB ni, dah beberapa kali donor darah, ku baru tau ternyata AB itu sedikit ya.. jadi mana yang bener? sesama AB saja ato bisa smua?

    jadi pengen donor ni..

  41. Allowww.. Heheh aq jg AB.. Sama aq juga taunya pas prktikum biologi… Guru biologi aku juga gak yakin, ampe di periksa 3kali loh.. Pas tes ke 3 br yakin klo aq AB.. heheh di kelas aq cuman ada 2org. Bangga sih.. Plus was2 coz jarang nemuin golda AB.

  42. hahahahha ngakak juga,,, bukan msalah deh kayanya,, ak puny gol drah B malah sempet tw kabar lo pmilik drah B tu lemah,,, dan hasil survey q, itu sementara benar. hmmmmmmm berbahagialah :D

  43. Ass…. Aq jg golda AB . Sebenarnya pgn donor. Tapi gw darah rendah. Setau ku ga bisa donor kalo darah rendah. Bener ga sih…..

  44. Anak ptamaku msh bayi umur 12hr gol drhnya jg AB..klo ada komunitas gol drh AB dsby bs gabung ga?contact me..

  45. Dengan wajah mengenaskan aku membaca artikel ini… dan sebelum membaca artikel ini, terlebih dahulu saya baca artikel tentang presepsi gol darah AB dijepang dan kanada… lalu saya mencari artikel untuk menguatkan hati dan pikiran saya… | Mau tau ga… sy bacanya sampe fokus sekali dari awal… lalu terus aku baca sampe ke ujung komentar… selama sy membaca, wajahku yang tadinya cemberut.. ternyata berangsur-angsur senang dan di ujung komentar saya jadi tersenyum… Jujur hatiku kini senang…

    Hai All [AB]… Mari bersama kita ciptakan lebih banyak hal positif… LAKUKAN PERUBAHAN..!!! kalian tau..? AB = dArah Biru

    Kenalkan Saya AB Form Kuningan Jabar.

  46. saya tahu golongan darah saya sejak saya masih di SMP tetapi sya tidak pernah menghiraukan kekurangan dan kelebihan golongan darah ini, tetapi setelah saya menngetahui jadi ada perasaan aneh didlam hati saya. tapi sudahlah semua ada yang atur Tuhan YME gak perlu dirisaukan saya punya keyakinan dari sedikitnya jumlah pemilik darah golongan AB pasti ada keistimewaan didalamnya coba anda rasakan ( bagi pemilik golongan darah AB ) dan pelajari diri anda anda akan tahu sesuatu yang susah diungkapkan dengan kata-kata.

  47. KLW SY ALHAMDULILAH AB, adik AB, saudara AB. tp sayng ga bisa donor darah semua krna darah rendah, malah sering skit dn butuh donor..

  48. Aslmk…aq AB dari Bengkulu….
    Aq bc artikel kesehatan memang rata2 gol drh AB terjangkit anemia dan darah rendah… Aq anemia juga darah rendah… Cuma diantisipasi dgn jaga makanan yg sesuai… Smga kita semua AB sehat amiiiinnnn

  49. aq jg AB,, wah2 kita mesti saling menguatkan ni sepertinya,,, :)

  50. Hey … darahku juga AB tapi ayah ma ibu ku darahnya juga AB … cuma kakakku yang darahnya B sendiri … tapi emang jarang gol. darah AB tu … Penghuni bumi golongan terbarukan emang masih sedikit …

  51. Saya AB juga. untungnya, ayah dan 2 adikku AB juga. Jadi bisa saling menjaga. masalahnya, keluargaku termasuk darah rendah. jadi kalau mau donor suka gagal. dari 10 kali coba, baru 3 yang berhasil. itu juga 2 hari sebelum donor minum susu+hati ayam pagi, siang, malam.

    Kemarin ada yang butuh, tapi karena ga cukup persiapan, jadi ga diterima di PMI. bisa donor 1/2 kantong ga ya?

  52. saya juga AB. saya pengen donor darah.
    pernah ada cerita, satu kelas saya hanya 2 yug bergolongan AB, saya dan teman saya. nah temAN saya saat itu kena DB. satu2nya hanya saya yg bs mendonorkan. tp saat itu saya terlalu takut untuk donor.
    akhirnya ayah teman saya pergi ke luar kota pagi2 buta untuk membeli darah AB :’(

  53. wah saya juga bergolongan darah ab, dan waktu sma di kelas hanya saya saja yang bergolongan darah ab.. memang sangat jarang sekali golongan darah ab

  54. Darah AB emg ssh nyari.
    Kmrn kk sy operasi btuh darah AB 1000cc,di PMI hnya tersedia 500cc.
    Untungnya saya udh tau gol darah saya AB sejak SMA.puji Tuhan kk saya bs selamat krna drh saya.tp klu ad org laen yg btuh darah AB,saya siap jd pendonor.

  55. Kepikiran jg kalo di kota-kota mungkin masih da jalan, susahnya kalo d daerah keadaan darurat musti gimana ya, golongan darah ku juga AB ,.. mo donor juga sesering mungkin, tempat terbatas… di puskemas bisa ngedonor ngggak ya.????

  56. halo semua, saya AB+, sekarang berdomisili semarang untuk study..
    asli br tau golongan darah AB 5 hari yang lalu saat donor pertama kalinya,
    waktu TK, saya pernah tes dan hasilnya adalah A, makanya ketika ada teman saya yang butuh donor AB saya tidak bisa mendonorkan darah saya,beruntung saat itu ada saudara jauhnya yang sama2 AB, jd teman saya tertolong,
    setelah donor beberapa hari yang lalu saya sempat shock, karena tau bahwa pemilik gol AB itu sangat sedikit dan cerita wafatnya seseorang bergolongan darah AB karena tidak ada pendonor pun sering saya dengar.
    berdasar dari semua itu, saya juga ingin bisa membantu teman-teman semua disini,
    Insya Allah saya siap menjadi membantu bila diperlukan khusus utk area Jateng sampai 2 tahun kdepan.
    untuk komunitas AB di jogja, punya grup di Facebook kah? jd kalau butuh sesuatu saya bs berkontribusi,,
    terima kasih semua^_^

  57. saya hari ini mengikuti acara donor darah dan ditolak :(( karena kadar Hb saya rendah katanya
    padahal saya meniatkan diri sekali untuk mendonorkan, karena kan golongan darah saya AB jadi saya rasa golongan darah yang langka ini bisa berguna buat sesama golongan darah AB
    siapapun yang butuh, kita saling bantu saja ya

  58. Saya jg AB….prnh operasi dan menghabiskan 8 kantong darah…alhamdulillah stoknya ada.
    Yakinlah kalo Allah selalu ada setiap kita minta pertolongan….
    Walapun tdk rutin, sy prnh mendonorkan darah saya.
    Ikhlas dan tdk berharap kembali…Expect No Return….!

  59. Asslmlkm. salam kenal,aq jg pmlik golda AB di Makassar…………….kita sbgai mnusia hrz brsykur atas apa yg ALLAH SWT brikan kpada kita krna smua ada hikmahnya…jd chayooooo !!!!

  60. Saya juga pemilik darah AB positip, Kita sama dan harus selalau bersama,,, Tuhan punya jalan untuk kita semua!!!!

  61. noer on April 02,2012 at 13.00pm said :
    Assalamualaikum wr wb
    Salam kenal. saya mengetahui klau saya bergolongan darah AB, Memng Sangat sedikit ataupun jarang orang yang memiliki darah AB bisa dibilang langka. Namun jangan takut apapun yang terjadi hadapi karena apapun yang menimpa kita itu adalah takdir dari ALLAh SWT so kita serahkan semua kepada-NYa……….

  62. Ingat selalu dengan Sang Pencipta, mudah-mudahan kita yg bergolongan darah AB diberi selalu keselamatan, kesehatan, dan Iman.., amin.

  63. saya berdoa, semoga teman” bergolongan darah ab sll dlm keadaan sehat.

    pengalaman saya bbrp bln lalu, di poke- difb dan ditelpon tmn yg sedang mbutuhkan darah ab utk sepupunya,,,
    yg kami pikirkan, ab adl gol darah yg bs menerima gol darah manapun, namun TIDAK kt salah satu dokter yg menanganinya di RS. Harapan Kita,,, alasannya, krn pasien mengalami penggumpalan darah pasca operasi pertama. wal hasil dokter tidak mau mengambil resiko lg utk operasi yg ke2 ini. dan kami pun dikumpulkan utk dicek darahnya,,,, suster laboratorium menerangkan, wlwpun sesama ab, namun tetap harus di cek apakah darah ab pendonor cocok utk pasien.
    disinilah saya baru paham, betapa rumitnya kondisi gol darah ab.
    mari gabung di fb : golongan darah saya ab… / email: golongandarahsayaab@yahoo.com. semoga memebantu

  64. Assalamualaikum, terima kasih bwt sdr.Zulfi atas diposting’a mslh gol.darah AB ini sgt berguna bwt pengetahuan sy pribadi. sy sendiri gol.darah’a B tp sy baru “ngeh” stlh ada bpk mertua kakak sy menderita Leukimia & membutuhkan darah dg gol.darah AB dan kakak sy meminta bantuan donor darah kpd keluarga & saudara tp kami smua kebanyakan bergolongan darah O, A dan B dan tdk ada yg AB. kl bs gol.darah sy yg B ini di donorkan sdh brg tentu sy akan sgt bersedia mendonorkan darah sy. dan melalui tulisan/koment sy ini adakah perkumpulan/grup di Jakarta khusus’a untuk komunitas gol.darah AB dan berkenan memberitahukan’a pd sy. Untuk bantuan & perhatian teman2 smua sy ucapkan bnyak terima kasih.

    Wassalam

  65. AB juga ndan , dan saya bersyukur

  66. Salam kenal, saya juga pemilik golongan darah AB dari Bandung, Alhamdulillah sudah belasan kali donor :D
    Tidak perlu khawatir, golongan darah AB itu kalau mengendara selalu fokus, karena selalu menghindari kesalahan dan menghindari tindakan yang merugikan orang lain.

  67. Saya AB,, jujur makin khawatir,, karna setelah baca2 artikel golongan darah ini apa bila mengkonsumsi makanann yang bukan untuk AB maka penyakitnya berupa Kanker,, stroke,, dll

  68. numpang yach…,aku jg golda AB, bpk B dan ibu A, kakak2ku O, sdngkan suami dan anakku A,emg kyknya langka bngt ya golda AB, aku jd mikir gmn nih mslkn trjdi apa2 ma aku dan bth donor darah…, aku cm bs berdoa, mdh2-an ga trjdi apa2…Amin..

  69. hai,salam kenal,aq jg gol.da nya AB dlu sih pernah da acra gitu dskitar rmah aku bwt donor darah,tp aq gx mau ikut cz aq takut ma jarum suntik,he he….ya ALLAH maafkan hambamu ini yg gx mau donor,…pdahalkan AB tuh langka,manx perlu kali ya pemerintah bikin program bwt pelestarian AB….ha ha ha
    hidup AB!!

  70. gak ada yg perlu diresahkan bro, saya juga golongan darah AB asal samarinda heheh :D kebanyakan emang golongan darah O si,, tapi gpp bro kita unik punya golongan darah ini walaupun aku introvert juga tpi aku bersyukur kepada Tuhan karena pnya golongan darah ini. Salam kenal ya bro ! :)

  71. aq juga ab…
    di keluarga aq cuma aq doang yg gol darah ab …. jadi was was nih….
    kalau komunitas ab dijambi ada gak?…
    posisi aq sekarang di kuala tungkal, jambi, sumatra, Indonesia hehehehehe

  72. Pingback: Golongan Darah Menentukan Siapa Kita? | Elang Biru

  73. ah yang perlu khawatir ya antigen AB -, kalo yang positif aman wong resipien universal.
    eits…saya jangan di tabrak ya..

  74. walaupun si ab adalah yang paling langka di bumi ini..

    tapi saya bersyukur, karena di keluarga saya, si ab adalah 4 in 5,,
    kami adalah 5 bersaudara, dan 4 diantara kami bergolongan darah ab, dan hanya 1 yang b…

    ada tempat-tempat tertentu, dimana ab adalah mayoritas :) salah satunya ya di keluarga saya hehehhe

Leave a Reply

